Besi Hollow: Material Besi Pengganti Kayu!

Besi hollow menjadi salah satu alasan bangunan dapat berdiri kokoh. Material bangunan yang terbuat dari besi baja ini memiliki bentuk segi empat berongga pada bagian tengah seperti pipa. Umumnya besi ini disebut sebagai besi pipa kotak. Dengan bentuk material seperti itu, besi hollow memiliki banyak kesesuaian dalam berbagai jenis konstruksi dibandingkan dengan penggunaan kayu. Penggunaan besi pada sebuah konstruksi lebih praktis juga lebih kokoh karena materialnya yang tidak mudah rapuh.

Sesuai dengan materialnya, besi hollow terdiri dari 3 jenis yaitu besi hollow hitam, besi hollow galvanis, dan besi hollow galvalum. Dari ketiga jenis besi hollow tersebut terdapat perbedaan pada jenis baja yang digunakan serta lapisan anti karat yang ada pada masing-masing jenis besi hollow, sebagai berikut:

1. Besi Hollow Hitam

Besi hollow hitam ini terbuat dari lembran plat besi hitam yang berbahan dasar baja canai panas yang kemudian di press hingga menjadi lembaran baja berwarna hitam. Material ini memiliki karakteristik yang tebal, dengan warna hitam keabu-abuan. Karena terbuat dari plat besi hitam, besi ini termasuk material yang kuat dan tahan akan api sehingga cocok digunakan pada berbagai konstruksi bangunan.

Karakteristik besi hollow hitam ini sering digunakan pada bangunan dengan beban berat. Namun perlindungan akan karat lebih rendah dibandingkan dengan jenis besi hollow lainnya. Dibutuhkan cat dasar untuk mencegah korosi. Jika pengecatan besi hollow tidak sesuai dapat menyebakan besi keropos karena materialnya tidak tahan terhadap air yang menimbulkan kelembaban sehingga besi hollow hitam cenderung lebih awet jika digunakan untuk interior bangunan.

2. Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis yang dikenal dengan pipa kotak galvanis atau besi kotak galvanis ini dibuat dengan melapisi besi dengan campuran sifat-sifat elektrokimia seng. Lapisannya terdiri dari unsur coating zinc (seng) sebanyak 97%, unsur coating aluminium kurang lebih sebanyak 1%, dan sisanya adalah tambahan unsur bahan lain.

Dibandingkan dengan besi hollow hitam, karakteristik besi hollow galvanis memiliki warna yang lebih cerah meskipun dalam proses pelapisannya terbagi menjadi 2, yaitu dengan proses Hot-Dip Galvanizing yang dibuat dengan besi hollow hitam dan proses Pre-Galvanizing yang dibuat dari plat besi galvanis sehingga menghasilkan wana keabu-abuan. Proses pelapisan besi hollow galvanis ini bertujuan agar besi tidak mudah berkarat saat pemotongan maupun terkena gesekan suatu benda.

3. Besi Hollow Galvalume

Besi hollow galvalum dibuat dari lapisan zinc (seng) sebanyak 43,5%, aluminium sebanyak 55% dan tambahan 1,5% silicon. Dibandingkan dengan besi hollow galvanis, tekstur besi hollow galvalum mudah kita kenali karena terdapat motif unik pada keseluruhan sisinya. Motif ini dapat membedakan seberapa besar ketahanannya terhadap korosi dengan cara melihat ukuran motif kerlipan pada besi. Jika ukuran kerlipan kecil maka proses korosi lebih lambat dibandingkan dengan motif kerlipan yang besar karena lapisan yang rapat mengandung lebih banyak lapisan anti karat.

Lalu, apa saja kegunaan besi hollow?

1. Konstruksi Bangunan

Karena sifatnya yang kuat dan tahan akan api, besi hollow umumnya digunakan untuk struktur atap dan penopang plafon bangunan. Penggunaan besi hollow galvalum pada struktur atap lebih baik dibandingkan jika menggunakan kayu karena kayu akan mudah lapuk dan terserang oleh serangga pemakan kayu seperti rayap.

Hal ini juga dapat menguntungkan bagi Anda yang memiliki kebun dan berencana membuat rumah kaca. Menggunakan besi hollow galvanis sangat cocok untuk kerangka rumah kaca karena sifatnya yang lebih tahan terhadap karat. Anda bisa memilih besi hollow galvanis ukuran 40 x 40mm untuk pembuatan struktur atap.

2. Eksterior dan Interior

Selain digunakan untuk konstruksi bangunan, besi hollow dapat digunakan untuk mepercantik eksterior maupun interior rumah seperti pembuatan pagar, kanopi, dinding rumah, tangga dan jendela. Anda bisa menyesuaikan ukuran sesuai dengan yang Anda butuhkan. Umumnya untuk pembuatan pagar, ukuran 40 x 40 mm atau 50 x 100 mm dengan ketebalan 1,6 mm. Sedangkan untuk pembuatan tangga, Anda bisa memilih besi hollow dengan ukuran 30 x 60 mm dengan ketebalan 1,2 mm.

3. Furniture

Bagi Anda yang memiliki usaha cafe atau restoran, furnitur dari besi hollow bisa menambah nilai estetika ruangan. Kursi dan meja yang terbuat dari besi hollow hitam akan lebih awet jika diletakkan pada ruangan indoor karena materialnya yang anti karat dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tak perlu khawatir bagi Anda yang memiliki restoran dengan ruangan terbuka, Anda bisa menggunakan besi hollow galvanis maupun galvalum. Ukuran besi hollow 36 x 36 mm sangat cocok untuk furnitur industrial.

Besi hollow mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama jika Anda rutin besi hollow dengan benar. Jika Anda membutuhkan besi hollow untuk proyek Anda, MBT Steel menjual besi hollow dengan berbagai ukuran dengan harga termurah. MBT Steel Surabaya juga menyediakan material besi lainnya seperti wiremesh, besi beton polos dan ulir, bondeck, stainless steel, plat dan lainnya.