Lebih Mengenal Perbedaan Pada Plat Besi

Plat merupakan salah satu material berbahan besi yang sering digunakan tidak hanya pada konstruksi namun pada produksi industri otomotif seperti mobil, truck dan bahkan kapal. Plat memiliki keunggulan pada tingkat kekuatan dan ketahanan menghadapi korosi, sehingga membuat jenis material besi ini yang menjadi primadona. Namun pada penggunaan plat ini memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya tentu memiliki spefikasi yang berbeda.

Supaya anda tidak bingung memilih plat yang cocok untuk kebutuhan anda yuk disimak daftar perbedaan plat berikut ini :

1.      Plat Hitam (Base Plate)

Besi plat hitam ini memiliki warna hitam, untuk bentuk fisiknya yang lebih tipis dan mirip seperti triplek dan apabila dibandingkan dengan plat kapal tentu lebih kecil karena dimensi ukurannya adalah 1.2 meter x 2.4 meter. Umumnya plat jenis besi ini digunakan sebagai bahan penguat atau bisa juga sebagai material utama pada pembuatan tangki

2.      Plat Kapal (Ship Plate)

Dari nama saja sudah terdengar seperti sesuatu yang besar ya? Tepat sekali plat kapal adalah jenis plat yang memiliki ukuran besar yakni memiliki panjang 6 meter dan dan untuk lebar-nya memiliki dua ukuran yakni 1,5 meter dan 1.8 meter. Sesuai dengan namanya yakni plat kapal, memang diperuntukkan untuk industri pembuatan kapal. Namun tidak hanya itu, plat jenis ini juga bisa digunakan sebagai material benda berukuran besar lainnya seperti tangki dan sebagainya.

Dikarenakan didesain khusus untuk kapal serta memiliki kandungan seperti fosfor, mangan, silikon dan karbon, jenis plat ini sangat tahan terhadap kerusakan yang diakibatkan korosi serta pengaruh kikisan garam dari air laut.

3.      Plat Kembang / Bordes

Apakah anda pernah menaiki anak tangga yang memiliki struktur pada bagian dasarnya dan memiliki bentuk seperti kembang? Nah itu adalah plat bordes atau bisa disebut juga plat kembang. Plat bordes pada umumnya dikenal memiliki permukaan bertekstur, biasanya plat ini disebut juga plat lantai atau plat berlian atau plat kembang.

Dengan panjang 1 sampai 2 meter, ketebalan yang bisa disesuaikan, serta permukaannya yang kasar. Permukaan yang kasar ini memiliki fungsional tersendiri loh! Permukaan kasar ini bertujuan untuk anti-slip  yang artinya agar tidak mudah terpeleset akibat licin. Maka dari itu plat kembang atau bordes sering digunakan pada bagian bangunan yang membutuhkan pengamanan yang tinggi untuk mengantisipasi kejadian terpeleset.

4.      Plat Strip (Strip Plate)

  Hampir sama seperti plat hitam, besi plat jenis strip ini berbentuk seperti papan kayu dengan ukuran yang lebih bervasiasi. Plat besi ini sangat mudah ditemui, serta sangat banyak peminatnya di Indonesia. Dikarenakan bentuknya yang lebih fleksibel dibandingkan berbagai jenis plat lainnya, plat strip sering digunakan untuk pembuatan pagar serta produk pengamanan seperti teralis pada pintu ataupun jendela